Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Cara Mudah Memahami Fungsi VLOOKUP


Definisi :

VLOOKUP adalah suatu fungsi yang disediakan oleh Ms.Excel yang digunakan untuk melakukan pencarian data dari suatu kumpulan data. Agar lebih mudah kumpulan data referensi kita sebut tabel.

Secara lebih spesifik, VLOOKUP melakukan pencarian data secara vertikal atau berdasarkan kolom.

Formula :

= VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index,[range_lookup])

lookup_value : Merupakan nilai yang akan dicari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan pada tabel referensi. Gampangnya, ini merupakan nilai yang akan kita cari dari sebuah tabel.

Argument pada lookup_value dapat berupa angka, teks, tanggal, mauoun nilai tertentu baik ditulis secara langsung maupun berbentuk referensi cel.

table_array : Adalah sebuah tabel referensi data/ range data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih.

col_index : Nomor kolom dari argumen (lookup_value) tabel referensi yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi lookup_value pada kolom pertama.

range_lookup : Berisi nilai Boolean TRUE atau FALSE. Argumen ini fungsinya untuk menentukan seperti apa hasil pencarian kita. Nilai TRUE akan menghasilkan/ mengembalikan nilai yang sama atau yang mendekati. Nilai FALSE akan mencari dan mengembalikan nilai yang sama persis, jika data tidak ditemukan akan mengembalikan nilai error #N/A.

Contoh :

Misal kita memiliki data dalam tabel Ms.Excel seperti ini :

 
Berdasarkan data diatas, kita akan melakukan pencarian data karyawan dari mulai Nama Depan, Nama Belakang, Jabatan, sampai dengan Tgl Lahir berdasarkan Id nya.

Hasilnya, saat kita memasukan Id pada cell pencarian, hasilnya akan secara otomatis menampilkan data lengkap pada tabel diatas.

Seperti ini penampakan hasil nya :

Lengkapnya seperti ini :


Langkah-langkah :

Mencari Nama Depan : Select cell B10, lalu masukan fungsi VLOOKUP seperti ini :

=VLOOKUP(B9,A2:E7,3,FALSE)

Artinya, kita akan mencari data pada tabel/ range A2:E7 (table_array) sesuai dengan argumen yang kita masukan pada cell B9 (lookup_value), pencarian fokus pada kolom 3 (col_index) dengan hasil yang sama persis ([range_lookup]).


Lakukan hal yang sama untuk mencari Nama Belakang, Jabatan, dan Tgl Lahir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar