Halaman

Sabtu, 12 Oktober 2019

Mengenal Formula dan Penulisannya


Definisi :

Formula merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung nilai sebuah cell.

Aturan Penulisan :

Untuk memasukan sebuah Formula, harus diawali dengan tanda sama dengan ("="). Jika tidak, maka semua yang dimasukan kedalam sebuah cell tidak akan dianggap sebagai formula.

Contohnya seperti ini :


Membuat Formula Sederhana.

Pada contoh dibawah kita akan membuat formula sederhana membuat operasi penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Dalam aturan penulisan formula pada Ms.Excel, operator untuk operasi tersebut penulisannya seperti ini :

Operator penjumlahan dengan tanda plus "+",

Operator pengurangan dengan tanda minus "-",

Operator perkalian dengan tanda bintang "*",

Operator pembagian dengan tanda garis miring "/".

 Meng-Edit Formula.

Arahkan kursor ke cell berisi formula yang akan di edit, lalu tekan tombol F2 pada keyboard maka formula akan nampak seperti ini :


Atau bisa juga anda mengedit formula melalui formula bar.

Copy Formula.

Seperti data lainnya, formula pun dapat di copy. Bedanya, jika sebuah formula di copy maka alamat cell penyusun formula tersebut akan berubah secara dinamis sesuai dengan lokasi setting alamat cell nya.

Misalnya ada penambahan pada data 1 dan data 2 pada contoh diatas sampai dengan kolom H seperti dibawah ini :

 Kita akan coba copy call B5 yang berisi formula penjumlahan cell B1 + cell B2 dan diletakan (paste) ke cell C5 sampai dengan H5. Maka hasilnya akan begini :

 Dari sini kita bisa lihat, ternyata saat sebuah cell yang berisi formula di copy, maka yang dicopy adalah formulanya, bukan nilai dari cell tersebut.

Selanjutnya, lakukan hal yang sama untuk B6, B7, dan B8. Hasilnya begini :


Paste Special.

Bagaimana kalau kita hanya ingin meng copy nilainya saja ?

Untuk dapat melakukannya. Ms.Excel menyediakan fasilitas Paste Special. Misalnya kita akan meng copy nilai dari cell A5 sampai dengan cell H8, maka select cell A5 sampai dengan cell H8 lalu lakukan copy (ctrl+C).

Klik kanan pada cell A10, klik kanan -> Paste Spesial -> dibawah menu Paste Values klik Values & Source Formatting (E) :

Hasilnya akan seperti ini :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar