Halaman

Kamis, 04 Juni 2020

Extensi File dan Format XML


Format file berbasis XML seperti .docx, .xlsx, dan .pptx mulai diperkenalkan pada sistem Microsoft Office 2007. Format file ini berlaku untuk Microsoft Office Word, Excel, dan PowerPoint.

Lalu apa saja manfaat dari format file ini ?

Open XML memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi para pengembang beserta solusi yang mereka bangun, tetapi juga untuk kalangan individu dan organisasi. Manfaatnya antara lain :

Ukuran File Lebih Ringkas.

File dikompresi secara otomatis sehingga ukuran file bisa sampai 75% menjadi lebih kecil dari file biasa. Open XML menggunakan teknologi kompresi ZIP untuk menyimpan dokumen. Dengan ukuran file yang lebih ringkas, ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan file akan menjadi lebih kecil, selain itu saat file ini dikirim melalui jaringan dan internet, misalnya email bandwidth yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar.

Saat file dibuka, file akan dikembalikan ke ukuran normal atau istilahnya unzipped dan saat di simpan file akan dikompresi kembali secara otomatis (zipped).


Recovery File yang Rusak.

Struktur file disusun secara modular sehingga komponen data didalam file terpisah satu dengan yang lainnya. Ini memungkinkan file tetap bisa di buka bahkan jika ada komponen yang rusak didalam file tersebut seperti misalnya tabel).

Privasi dan Kontrol Informasi.

Dokumen dapat dibagikan secara rahasia karena informasi pribadi dan informasi bisnis yang sensitif seperti nama penulis, komentar, dan jalur file (paths) dapat dengan mudah di identifikasi dan di hapus dengan menggunakan Document Inspector.

Integrasi dan Introperabilitas Data Bisnis yang Lebih Baik.

Menggunakan Open XML sebagai Framework untuk interopabilitas data pada produk Office 2010 berarti bahwa document, worksheet, presentations, dan forms dapat disimpan daam format file XML yang tersedia dan bebas digunakan oleh siapapun.

Informasi yang dibuat didalam office dapat digunakan dengan mudah oleh aplikasi bisnis lainnya. yang diperlukan hanyalah program utilitas ZIP dan XML Editor.

Lebih Mudah dalam Mendeteksi File yang Berisi Macro.

File yang disimpan secara default yaitu dengan ekstensi berakhiran huruf "x", seperti .docx, .xlsx, dan .pptx tidak boleh berisi macro Visual Basic for Applications (VBA) dan macro XLM.

File dengan kode macro harus disimpan dengan ekstensi berakhiran "m" seperti .docm, .xlsm, dan .pptm.

Apa saja ekstensi file XML pada Ms.Office 2010 ?

Secara default, office menyimpan file document, worksheet, dan file presentations dengan format XML dimana ekstensi file nya ditambahkan huruf "x" atau "m" seperti yang sudah anda kenal selam ini.

"x" menandakan file XML tersebut tidak memiliki macro sedangkan "m" menandakan file XML tersebut berisi macro.

Berikut semua ekstensi file default Word 2010, Excel 2010, dan PowerPoint 2010 :

WORD
XML File Type Extentions
Document .docx
Macro-enabled document .docm
Template .dotx
Macro-enabled template .dotm


EXCEL
XML File Type Extentions
Workbook .xlsx
Macro-enabled workbook .xlsm
Template .xltx
Macro-enabled template .xltm
Non-XML binary workbook .xlsb
Macro-enabled add-in .xlam


POWERPOINT
XML File Type Extentions
Presentation .pptx
Macro-enabled presentation .pptm
Template .potx
Macro-enabled template .potm
Show .ppsx
Macro-enabled show .ppsm
Slide .sldx
Macro-enabled slide .sldm
Office Theme .thmx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar